Sunday, June 10, 2007

Pilih Asli atau Palsu ?

Dalam kehidupan, sering kita jumpai benda-benda yang asli dan palsu alias bajakan. Misalnya, buku untuk anak sekolah atau kuliah. Mungkin kalo buku untuk anak sekolah harga terjangkau. Tetapi, untuk anak kuliah, harus mikir berulang2 untuk beli sebuah buku baru. Apalagi kalo kuliah kedokteran atau teknik, harga bukunya selangit. Memang, buku merupakan jendela dunia. Dengan buku, kita dapat mengetahui tentang apa saja dan untuk mengetahui sesuatu bukan hanya melalui buku. Dunia makin canggih, bisa mencarinya di Internet atau di mana saja.

Back to book ......
Mungkin kalian tahu, untuk beli buku harga yang miring bisa dijumpai di daerah senen. Yup, termasuk aq :) kalo kalian pinter nawar, harga buku yg ada di toko buku biasanya ratusan ribu, bisa jadi turun 50% di senen. Aq membeli buku copy, 'n aq juga kasian ama penulis dan penerbitnya. Karena itu melanggar hak cipta, dan merugikan mereka dari segi material dan immaterial. Malahan, bisa jadi penulis jadi males nulis karna karya ciptanya begitu saja di copy. Tapi, mo gimana lagi ???? misalnya aq beli buku yang asli, duit aq ga cukup terpaksa beli yang copy or pinjem punya temen trus di fotocopy. Kalo bagi yang punya duit sich, gampang tinggal beli aja.

Selain buku, ada contoh lain yaitu cd bajakan, misalnya cd windows. Untuk beli sebuah cd windows yang original harganya jutaan. Namun, di tempat lain untuk sebuah cd windows harganya relatif murah yakni Rp 15.000 - Rp 20.000,- Bukan cd windows saja masih banyak yang lain, cd lagu2 malahan dijual murah, bila kita keluarkan uang Rp 10.000,- dapet 3 cd lagu. Sebaiknya kita, termasuk aq untuk beli yang asli. namun bagaimana caranya harganya supaya tidak mahal ? mungkin pihak terkait bisa memikirkan, mungkin dari biaya produksinya, atau lainnya.

1 comments:

KWQ said...

buku dimana2 skrng mahal mbak
cd juga untung aku ada di sini jadi murah2