Thursday, May 24, 2007

Saingan

Dalam dunia kerja, bisnis, atau usaha ada namanya saingan. Saingan ini membatasi gerak kita untuk menawarkan jasa/produk kita kepada client. Emang, yang namanya rezeki, Allah sudah mengaturnya masing2. Bagaimana kitanya untuk menyikapinya. :) Kita harus menjalani bisnis ini dengan berusaha, mengatur strategi, menawarkan produk/jasa kepada customer dengan baik, eh ga lupa berdoa tetapi tidak dengan jalan kotor. Aq menyadari hidup dengan usaha sendiri banyak rintangannya, seperti roda berputar, kadang dibawah, kadang diatas.

Hal ini dialami oleh aq sendiri, aq membuka usaha komputer kecil2an, dan banyak saingannya. Saingan ini membuat aq harus semakin kreatif, maju, dan harus menjadi lebih baik 'n harus mendengar kritik dan saran dari client. Kadang2 dalam hati kecil aq, aq yang masih baru bergerak bidang ini masih takut dengan ombak. Mama bilang kalo mo usaha, jangan takut ama ombak, tapi bagaimana yach ??? Iya, saingan .... saingan ...... merupakan cambuk untuk menuju kesuksesan. Aq ga boleh getar, perjalanan masih panjang, chayooooo !!!!! :D Bagaimana pendapat kamu ??????

4 comments:

ajirich said...

Ya biasa dalam dunia bisnis, tapi itu yang membuat manusia menjadi maju dan berkembang!ok

Kang Kombor said...

Selamat untuk Gadis yang sudah buka usaha. Sampai saat ini Kang Kombor masih bingung mau buka usaha apa.

Persaingan tidak hanya terjadi di dunia bisnis. Di seluruh sektor kehidupan ini kita bisa melihat kompetisi eksis dalam bentuknya masing-masing. Di dunia kerja pun ada kompetisi yang dimulai dari sejak proses melamar kerja. Begitu diterima kerja, akan ada kompetisi lagi. Begitu pun dalam bisnis.

Sebelum memulai usaha kita pasti sudah mempelajari arena permainan yang akan kita masuki. Pasti sudah ada kompetisi di sana. Ketika bisnis baru dibangun, kita akan berkompetisi melawan mereka yang sudah eksis sebelumnya. Ketika sudah berjalan, kita akan berkompetisi dengan existing player dan new comer. Kalau barrier to entry rendah, maka pemain baru pasti akan banyak yang masuk. Pada keadaan seperti ini pebisnis harus pandai-pandai mengemas produk/layanannya agar pelanggan memilih produk/layanan miliknya.

wku said...

maju teruz pantank mundurrr... ah aku juga pengen biizniz... ajakin dunk:)

Sekarindo Bakti group said...

Aku undang ke blog ya..spesial. Bagi2 trik bisnis juga. Bolehlah di link biar sama2 1 minat